Tambahan Penghasilan sebagai Reseller

Menjadi reseller (affiliate) berarti menjadi penjual kembali barang / jasa / produk orang lain. Kasarnya jadi makelar. Bagi yang baru baru berkecimpung di dunia online (termasuk saya), kadang bingung bagaimana mulainya.. dari mana mulai.. dan ide apa yang mau di jual.. dan lain lain, reseller bisa jadi salah satu cara untuk mulai.

Anda tidak perlu punya produk / service sendiri dulu. Anda bisa pakai produk orang lain untuk Anda jual kembali. Ini berarti Anda bisa bayar dulu / beli dulu produk tersebut baru dijual lagi atau bahkan Anda tidak perlu beli / bayar dulu.. Anda tinggal gabung / join / kontak dengan sang penjual produk apakah bisa jadi reseller mereka yang biasanya ada potongan harga bagi reseller dan bahkan Anda bisa gunakan gambar / picture dari produk itu untuk diletakkan di web / blog Anda.

Bisa produk apa saja?
ada macam2 bentuk produk, pernah lihat orang yang jualan ebook? yang jualan barang? yang jualan service? yang jualan domain, hosting? yang jualan iklan banner di web / blog nya? dan banyak lagi. Kadang, yang Anda temui sedang jualan bisa jadi bukan produk mereka sendiri melainkan produk orang lain yang dikemas dengan bahasa promosi, penjualan di web / blog milik sendiri. Ini kadang lebih praktis karena untuk memulai buat produk sendiri Anda perlu waktu untuk riset, buat produk atau kumpulin ide dan tetek bengek lainnya.

Contoh reseller / jual produk orang lain :

  1. Jual ebook, banyak penjual ebook yang beredar.. mereka menjual ilmu atau ide ke orang lain, contoh di Indonesia jadi reseller uangpanas. Ini untuk yang ingin jualan ebook, kalo Anda masih bisa memanfaatkan search engine, saran saya sebaiknya search engine saja karena begitu banyak informasi yang gratis.
  2. Jualan webhosting atau domain , banyak.. bisa cek di google web hosting mana saja yang reseller welcome.
  3. Jualan produk / barang, ini juga banyak. Teman saya bahkan hanya taruh gambar dari produknya dan harga di set sesuai keinginan dia. Ada orderan (biasanya udah langsung ditransfer ke rekening bank nya), baru kontak penjual aslinya dan suruh kirim dengan alamat pengirimnya teman saya.. jadi dia hampir tidak pernah stok barang. Pintar kan?
dan lain-lain.

Tips jadi reseller :
  1. Jangan terpaku jualan produk / jasa yang hanya Anda kuasai; Anda dengan jualan produk yang tidak Anda kuasai, berarti ada kans, kesempatan untuk belajar produk itu. Apa saja yang harus dikuasai, supaya jawaban Anda ke konsumen memuaskan.
  2. Jangan berpikir jualan barangnya di web harus banyak; Anda dapat jualan bahkan hanya dengan 1 jenis barang dan bisa sukses. Tentunya bahasa promosi, pengaturan kata2 dan gambar, dll dan penguasaan marketing online yang efektif diperlukan.
  3. Jangan berpikir sudah banyak kompetitor / pesaing; Kadang kalau Anda cermat, bisa perhatikan apa yang kurang dari kompetitor Anda dan tambahkan ke web / blog Anda maka Anda bisa bersaing dengan mereka. Lakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi). Hal lain yang penting disini adalah : kredibilitas, harga produk, service konsumen dll.
  4. Selalu dekat/amati juga dengan pusat dari produk Anda / produsen. Karena kalo Anda dekat, bisa pastikan : alamat pengirimnya ditulis selalu dari Anda, bisa dapat potongan harga yang bagus, kecepatan pengiriman barang dan service yang memuaskan konsumen Anda.

Semoga bermanfaat.

0 komentar: